Mengaplikasikan Penggunaan Rumus Pada Microsoft Excel

Assalamualaikum WR WB .... Disini saya akan menjelaskan bagaimana membuat kolom dibawah ini menggunakan beberapa rumus yang terdapat pada MS Excel


sebelumnya buat kolom dulu didalam MS Excel, kita buat 2 sheet agar lebih mempermudah untuk pengguanaan Data Validation dan VLOOKUP


1. Data Validation
Disini yang kita gunakan Data Validation yaitu Nama Software Pendidikan dan Jumlah Beli. 
Klik Data pada MS excel seperti gambar dibawah ini, klik data validation maka akan muncul seperti ini untuk allow kita pakai yang list untuk source nya kita gunakan nama sofware di sheet pembantu karena kita akan menvalidasi data nama software pendidikan terlebih dahulu lalu klik ok. 


Maka akan muncul seperti ini 

Kita copy dan kita drag semua kolom yang ada pada nama software pendidikan lalu kita paste. Setelah itu baru kita isi kolom tersebut sesuai urutan soal yang diatas.

Pada Jumlah Beli pun sama untuk cara data validation nya




2. Penggunanaan VLOOKUP
Disini Penggunaan VLOOKUP untuk Kolom Harga Satuan.
Bentuk Penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num; [range_lookup])

Awal kita pakai di Fisika yaitu kolom D5 masukan rumus VLOOKUP dan si lookup_valuenya itu fisika, tabel aray nya saya pakai dari sheet pembantu, col_index_num nya saya pakai 2 karena harga satuan berada pada kolom kedua di sheet pembantu saya dan range_lookup nya False


Maka Hasilnya akan seperti ini   

3. Untuk Harga Satuan, Potongan 10% dan Total Penjualan kita menggunakan ketentuan soal yang sudah ada 

Menghitung Harga Seluruh yaitu =Harga satuan * Jumlah Beli

Menghitung Potongan 10% yaitu =Harga Seluruh * 10%

Menghitung Total Penjualan yaitu =Harga Seluruh - Potongan 10%

4. Penggunaan SUM, Average, MAX, MIN

a. Untuk menghitung Total Seluruh Penjualan yaitu =SUM Total Penjualan yang kita drag hingga bawah lalu klik enter saja maka akan muncul hasilnya

b. Untuk menghitung rata rata penjualan yaitu =Average Total Penjualan yang kita drag sampe bawah klik enter makan akan muncul rata-rata penjualan 

c. Untuk mengitung Penjualan Terbanyak yaitu =MAX Total Penjualan yang kita drag sampe bawah klik enter maka akan muncul penjualan terbesar berapa

d. Untuk menghitung Terkecil yaitu =MIN Total Penjualan yang kita drag sampe bawah  klik enter maka akan muncul penjualan terkecil berapa

Demikian Artikel cara menggunakan beberapa rumus yang terdapat pada MS Excel 
SEMOGA BERMANFAAT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan 9 Etika Profesi Teknologi Informasi dan Komunikasi